Analisis Jasa Pemesanan Tiket Transportasi dan Rekreasi

Kegiatan berpergian dan berlibur sudah menjadi hal yang banyak kita lakukan dalam kegiatan sehari – hari, biasanya kita jika akan melakukan perjalanan atau berlibur, yang kita lakukan yaitu pergi ke stasiun untuk memb eli tiket kereta api/ pergi ke bandara untuk membeli tiket pesawat dan jika kita tidak mempunyai tempat singgah selama kegiatan tersebut, yang kita lakukan adalah memesan hotel untuk tempat singgah. Pada zaman dahulu hal tersebut tidak menjadi kendala, namun pada zaman sekarang ada banyak kendala dikarenakan semakin banyak orang yang melakukan hal tersebut, dan kendala terbesar yaitu mengantri untuk membeli tiket atau bahkan kehabisan setelah mengantri cukup lama. Namun sekarang ada inovasi baru yaitu perusahaan jasa pembelian tiket pisawat, kereta api dan booking hotel, tanpa harus mengantri.
Contoh di salah satu perusahaan penyedia jasa tersebut sudah memiliki layanan untuk pemesanan tiket pesawat, tiket kereta api, tiket berlibur, dan booking hotel dengan partner-partner penyedia layanan yang sudah terpercaya untuk menerbitkan tiket melalui website perushaaan penyedia layanan jasa tersebut. Hal ini memungkinkan konsumen yang akan melakukan pemesanan tiket mendapatkan pilihan penjual yang di inginkan, serta kenyamanan dan keamanan yang terjamin. Perusahaan jasa tersebut juga menyediakan fasilitas untuk menampilkan tiket yang sedang dalam harga promo, yakni tiket yang di jual mengalami penurunan harga atau telah mendapatkan diskon dari masing-masing perusahaan.

Perusahaan jasa tersebut adalah salah satu contoh sistem informasi di bidang Transportasi dan rekreasi yang menyediakan layanan penjualan tiket pesawat, kereta dan hotel secara online, sehingga traveler/masayarakat tidak perlu lagi ke bandara, stasiun atau pun ke hotelnya langsung jika ingin memesan tiket pesawat atau pesan hotel karena bisa via online.
Dalam memberikan layanan, Perusahaan tersebut memanfaatkan teknologi informasi, antara lain :
- Teknologi End User.
- Aplikasi Smartphone Android.
- Aplikasi Smartphone IOS.
- Teknologi Database.
- Cloud Computing.
- Smartphone Storage.
- API (application programming interface).
- Google Maps.
- Google Place.
- Payment.
- Customer Service.
- Social Media.
- Website.
- Call Center.
Layanan tersebut sebenarnya sudah membantu banyak masyarakat terutama dalam mencari tiket kereta dan hotel di Indonesia dan layanan tersebut belum maksimal karena masih mempunyai beberapa kekurangan.
Kekurangan layanan perusahaan penyedia jasa tersebut antara lain:
- Dalam penerbangan internasional, belum bisa ke seluruh belahan dunia, hanya untuk beberapa wilayah yang terpilih.
- Pelayanan booking hotel masih beta version sehingga masih memiliki beberapa kekurangan dan tidak mempunyai list dari berbagai hotel di belahan dunia hanya hotel tertentu saja.
- Tidak menyediakan paket lengkap untuk libur panjang seperti menyediakan transportasi darat (penyewaan mobil atau motor).
- Dengan sistem online, masyarakat didaerah pedalaman tidak dapat mengakses jaringan internet dan pasti tidak dapat memanfaatkan situs ini.
- Jika terjadi pembatalan penerbangan yang di akibatkan oleh bencana alam atau ada yang terserang penyakit maka pengembalian uang konsumen atas tiket yang terlanjur dibeli tidak bisa langsung diproses lagi.
Saran Kami:
- Perusahaan penyedia layanan tersebut agar memperluas cakupan penerbangannya agar bisa liburan ke berbagai negara.
- Agar membuat sistem dimana orang-orang di daerah plosok bisa menggunakan & memanfaatkan situs ini.
- Membuat paket berlibur yang sudah menyediakan tiket transportasi, penginapan atau hotel dan tempat wisata, karena banyak traveler akan memanfaatkan paket tersebut.
Komentar
Posting Komentar