Review Paper
SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN SURAT (SMART) PADA BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA
BERENCANA NASIONAL PROVINSI LAMPUNG
Dila
Nurlila
Bidang
Yang di Kembangkan
Pengelolaan Surat Masuk
Pengelolaan Surat Masuk
Pengelolaan
surat masuk melakukan penyuntingan surat masuk, lalu memberi nomor dan
keterangan singkat pada surat masuk, sehingga meningkatkan efisiensi,
ketepatan, dan keamanan dokumen yang diarsipkan.
Pengelolaan Surat Keluar
Pengelolaan Surat Keluar
Pengelolaan surat keluar hampir sama dengan pengelolaan
surat masuk melakukan penyuntingan surat masuk, memberi nomor dan keterangan singkat
pada surat dan menyimpannya sebagai
arsip.
Latar Belakang
Dalam
sebuah instansi surat merupakan alat komunikasi yang penting. Suatu instansi
yang menerima surat masuk, membuat surat keluar dan membuat surat tugas tidak
hanya sebagai alat komunikasi, melainkan sebagai bukti otentik atas kegiatan
yang telah dilakukan. Oleh karena itu pengelolaan surat harus dilakukan
setepat-tepatnya sehingga selalu dapat diikuti proses perkembangannya. Tujuan
kearsipan adalah menyediakan data dan informasi dengan cepat dan tepat ketika
diperlukan. Pendataan informasi surat membantu ketika arsip dapat ditemukan
kembali dengan cepat dan tepat dikarenakan informasi yang lengkap terdapat pada
dokumentasi yang dibuat. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di Badan
Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Lampung, masih
banyak kinerja tata usaha bagian pengarsipan kurang efisien karena masih
menerapkan sistem pengarsipan yang konvensional yakni dengan cara ditulis dalam
buku agenda. Hal tersebut merupakan permasalahan yang ada ketika ingin mencari
kembali surat yang telah diarsipkan, atau surat yang telah diarsipkan sulit
didapat kembali karena tidak adanya pencatatan mengenai di mana surat itu
disimpan dan 2 diarsipkan. Bahkan ada masanya surat yang telah masuk
diagendakan kembali ,di mana surat sebelumnya pernah diagendakan. Berdasarkan
hal tersebut, diperlukan suatu sistem informasi yang mampu melakukan manajemen
surat. Diharapkan SMART mampu membantu untuk mempercepat penggunaan dalam
memperoleh kebutuhan informasi dan mewujudkan sistem manajemen surat secara
sistematis. Bertitik tolak dari pemaparan tersebut, maka SMART bertujuan untuk
meningkatkan efisiensi, ketepatan, dan keamanan dokumen yang diarsipkan. Dengan
adanya SMART ini, diharapkan dapat merubah sistem kinerja tata usaha dalam
proses manajemen surat masuk dan surat keluar menjadi lebih efektif dan
efisien. Oleh karena itu sistem informasi ini dititikberatkan pada pemenuhan
kebutuhan bagian pengarsipan sehingga dihasilkan sistem informasi manajemen
surat yang memenuhi standar faktor kualitas. Faktor kualitas perangkat lunak
diperlukan agar sistem informasi yang dihasilkan benar-benar memberikan
kebutuhan yang diperlukan oleh tata usaha bagian pengarsipan.
Rumusan Masalah
- Bagaimana mengembangkan sistem informasi manajemen surat sesuai dengan kebutuhan tata usaha bagian pengarsipan?
- Bagaimana mempermudah proses pencarian dokumen surat masuk, surat keluar dan surat tugas?
- Bagaimana proses pengarsipan surat dapat tertata dengan baik?
Solusi
- Melakukan Metode Perancangan yaitu merancang tampilan dan merancang system basis data, serta mengevaluasi system yang diusulkan
- Melakukan Obeservasi dengan melakukan pengamatan langsung ke Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Lampung
- Meringankan beban Kerja
- Efisiensi waktu
- Meningkatkan Kinerja
- Memaksimalkan Sumber daya komputer
Komentar
Posting Komentar